Rabu, 21 September 2016

Inovasi 2016: Horog-Horog Coyen

Inovasi ini berawal dari keikutsertaan kami dalam mata kuliah Kewirausahaan. Dengan bekal yang ada, satu tim yang beranggotakan 3 orang yaitu saya dan 2 orang teman saya mencoba membuat satu inovasi makanan lokal.  Oleh karena ke-2 teman saya berasal dari kota Jepara, maka kami mengangkat salah satu makanan khas kota ukir tersebut yakni HOROG-HOROG. Sebenarnya, saya sendiri baru tahu makanan yang dinamakan horog-horog ini, karena di daerah saya memang tidak ada. hehehe...




Cek it ......



*****

Indonesia memang kaya akan keanekaragaman kuliner. Berbagai macam makanan dan jajanan khas tersebar di berbagai penjuru daerah di nusantara. Salah satunya adalah horog-horog yaitu makanan khas dari Bumi Kartini, Jepara, Jawa Tengah. Makanan berbahan dasar tepung aren ini sangat nikmat dan gurih sehingga diminati banyak kalangan. Horog-horog mempunyai tekstur kenyal, berwarna putih bening, dan sedikit asin. Makanan tersebut juga merupakan salah satu alternatif makanan pokok pengganti nasi sebab kandungan karbohidratnya cukup tinggi. Proses pembuatan horog-horog pun relatif rumit, perlu proses berulang dari pencucian, pengeringan, serta pengukusan sehingga memperoleh horog-horog bercita rasa gurih.
Penyajian horog-horog biasanya dibungkus dengan daun jati dan cukup dimakan dengan  sate cecek. Bahkan tak sedikit warung makan menyandingkan horog-horog dengan bakso, pecel, dan uraban. Selain itu horog-horog juga dapat menjadi minuman, yaitu Wedang horog-horog disajikan hangat ketika cuaca dingin dan disajikan dengan es batu di cuaca yang panas.

*****
Dengan mengangkat tema makanan lokal, kami satu tim yang beranggotakan 3 orang (Amalia, Wihda, Endah) membuat inovasi makanan khas Jepara tersebut menjadi suatu minuman sehat penunda lapar. Kami ingin memberikan inovasi pada penyajian horog-horog yang dilengkapi dengan buah-buah yang segar seperti nangka, alpukat, kelapa muda, dan mutiara, setelah dituangkan juruh (santan yang diberi gula jawa). Inovasi pada horog-gorog ini kami beri nama Ice Horog-horog Coyen ( The Coconut Oyen).
Ice Horog-horog coyen adalah horong-horog yang di inovasi menjadi jenis minuman yang segar dan enak dengan variasi tambahan buah-buahan seperti alvocad, nangka, kelapa muda dan mutiara.  Es horog-horong Coyen diharapkan dapat menjadi inovasi yang memberikan terobosan baru dalam mengangkat makanan tradisional yang tetap dapat dinikmati oleh konsumen dan menjadi produk yang memiliki nilai jual. Es horog-horog Coyen merupakan sebuah minuman yang aman dikonsumsi karena tidak mengandung bahan kimia.




Gambar Horog-horog (makanan tradisional khas Jepara)

Gambar Horog-horog Coyen
(Inovasi by Amalia, Wihda, Endah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar